Cara mencari Inspiasi Ide Untuk Menulis Paling Keren

Penulias sangat menggantungkan semua ida inspirasi mereka terhadapa segala macam pikiran dan pengalaman hidup yang telah mereka jalani. Baik ituuntuk para penulis cerita, puisi, artikel dan sebagainya. Kemampuan mereka untuk membuat kata-kata dan merangkai kalimat menjadi bagus tentu saja gak gampang. Tapi pastinya akan tetap ada berbagai macam cara atau ide inspirasi yang datang. Dan kalau ide tersebut gak datang-datang gimana? Pastinya tingkat kesetresan nantinya bisa jadi malahan datang. Jadinya pelu berbagai cara untuk para penulis agar bisa memunculkan ide tersebut agar nantinya bisa menulis semua yang diinginkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk memunculkan ide menurut tibuku yang paling efektif.
1. Mencari ide dengan cerita yang sudah ada. Disini pertama bisa dilakukan dengan cara pertama kali membaca cerita orang yang telah ada. Selanjutnya bisa juga dengan cara menonton televisi. Pastinya akan banyak sekaliide yang bisa muncul nantinya. Dan jangan lupa, untuk membuat cerita yang memang sangat dekat dengan masyarakat. Misalnya saja dengan cara memunculkan berbagai macam peristiwa yang sedang terjadi dan hangat di bicarakan oleh masyarakat.
2. Memanfaatkan pengalaman. Pengalaman bisa di dapatkan melalui berbagai macam cara. Yang pastinya agar bisa lebih dekat, maka kita bisa mencoba untuk merasakannya sendiri. Selain itu kita juga bisa mengamati peristiwa yang dialami oleh orang lain. Jangan lupa juga untuk mencoba bagaimana mencatat peristiwa yang di alami oleh orang lain maupun peristiwa yang dialami sendiri. Selain itu bisa juga mencoba untuk bertemu dan berbagi cerita dengan penulis lain.
3. Mencari ide dengan bebbas. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara memenfaatkan imajinasi yang kita miliki sendiri. Usahakan dalam mengembangkan imajinasi harus benar-benar di rasakan degan sepenuh hati agar tulisan yang di hasilkan nantinya memiliki rasa dan cerita yang dekat dengan masyarakat. Selain itu jangan lupa juga saat akan menulis, usahakan cerita itu mencoba seperti di perankan sendiri. Rasakan bagaimana tokoh dalam cerita itu menggambarkan peristiwa yang sedang di alami. Dengan begini penggambaran cerita kamu nantinya akan jauh terasa lebih nyata lagi. Itulah salah satu hal yang sangat penting sekali untuk dilakukan.
4. Merancang strategi untuk jeda. Jeda istirahat sangat penting bagi para penulis. Usahakan untuk mengatur sendiri berapa lama waktu yangdiperlukan untuk menulis dan berapa lama waktu yang kamu butuhkanuntuk beristirahat. Selain itu kamu juga bisa menyelinginya dengan olahraga singkat yang akan membantu tubuh kamu menjadi terasa lebih segar. Jangan terlalu lama dalam menulis, karena pastinya akan terlalu capek. Dan kalau terlalu capek, nantinya semua usaha dalam menulis bukannya muncul tapi malahan gak datang-datang.
Itulah beberapa inspirasi untuk menulis agar ide terus datang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *