Definisi Kata Keluar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa disingkat dengan KBBI merupakan sebuah kamus satu bahasa yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini sangat berguna bagi kita karena menjadi acuan yang tertinggi dalam mencari kata baku dalam bahasa Indonesia. Selain merupakan kamus paling lengkap, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga merupakan kamus paling akurat yang pernah diterbitkan oleh Balai Pustaka. Balai Pustaka sendiri merupakan lembaga penerbit yang memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia. Lembaga penerbit ini dinaungi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemdikbud Indonesia).

Edisi terbaru dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan edisi kelima yang terbit pada tahun 2016 lalu dengan memuat 127.036 lema dan lebih tebal dua kali dari versi sebelumnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sepertinya memang harus dimiliki oleh semua warga Indonesia. Dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kita bisa mengetahui penggunaan kata yang benar atau kata baku. Penggunaan kata baku sangat penting dalam kepentingan resmi atau formal.

Selain mencari kata dalam bahasa Indonesia yang mungkin tidak pernah kita dengar sebelumnya, kita juga bisa menggunakan KBBI untuk melihat definisi kata yang mungkin kita sering gunakan tetapi tidak mengetahui maknanya. Salah satunya yaitu kata ‘keluar’. Kata ‘keluar’ mungkin sering kita dengar dan ucapkan, tetapi pada kenyataannya kata ini tidak hanya memiliki satu arti jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tercatat ada sembilan makna dari kata ‘keluar’ yang terdaftar dalam KBBI, seperti berikut

1. Keluar yang berarti bergerak dari sebelah dalam ke sebelah luar. Contoh penggunaannya seperti dalam kalimat “penghuni bergegas keluar dari rumah ketika gempa terasa.”
2. Keluar yang berarti tersembul, seperti dalam kalimat “bunga teratai itu tersembul dari permukaan air.”
3. Keluar berarti menampakkan diri; timbul; muncul. Contoh kalimatnya yaitu “tikus itu akhirnya muncul juga dari sarangnya.”
4. Keluar yang berarti terbit. Contoh kalimatnya yaitu “buku terbaru itu sudah keluar hari ini.”
5. Keluar yang berarti terlahir, seperti dalam kalimat “ungkapan itu keluar dari hati nuraniku.”
6. Keluar yang berarti pergi ke luar. Contohnya seperti dalam kalimat “ia baru saja keluar.”
7. Keluar yang berarti diumumkan. Contohnya dapat ditemukan dalam kalimat “hasil ujian CPNS itu sudah keluar.”
8. Keluar yang berarti berhenti dari perkumpulan, seperti dari pekerjaan, sekolah, dan sebagainya. Contoh kalimatnya seperti “ia sudah keluar dari perusahaan yang membesarkan namanya.”
9. Keluar yang berarti muncul sebagai pemenang pertandingan dan sebagainya, seperti dalam kalimat “Adikku keluar sebagai juara lomba melukis.”

Pengertian dari kata ‘keluar’ di atas yang berjumlah sembilan buah mungkin sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapa mengenal kosakata yang sering kita gunakan lebih jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *